Tuesday, March 31, 2009

TIPS JADI “ANAK EMAS”

Begitu mendapatkan kabar baik, kamu boleh mulai menyusun strategi untuk hari pertama magang, biar jadi “ANAK EMAS”. Pelajari dulu tips ME agar semua orang menikmati keberadaan kamu dan merasa kehilangan di saat masa magangmu berakhir!

DON’T

1. Sembunyi. Menyendiri di meja dan malu bergaul tidak akan bikin kamu belajar apapun. Kamu tidak ingin dikenal sebagai si anak magang yang hanya ‘numpang lewat’ ,kan?
2. Malas. Jangan buang kesempatan untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Lagipula, kamu tidak mao raport magang kamu nilainya ‘merah’ gara-gara malas, kan?
3. Sering Telat. Datang terlambat sama saja dengan menunjukkan sikap yang tidak disiplin. Tunjukkan kalau kamu serius dan bisa bekerja sesuai aturan.

DO

1. SMILE! Tidak ada yang lebih ampuh dari senyuman yang tulus. Arti senyuman = aku siap berteman, loh!
2. Break the ice. Selain smile, cairkan ketegangan dengan kalimat, seperti:
“Mau makan siang dimana? Boleh ikutan? Makanan yang terkenal enak di sekitar sini apa saja?” Tujuan: biar diajak makan siang.
3. Mingle. Sapa saja tim yang sudah lama bekerja di sana. Berani menyapa duluan membuat mereka sadar sama kehadiranmu. Terus, kenali karakter mereka, biar kamu bisa cepat nyambung dan tidak canggung.
4. Aktif bertanya. Tidak ada salahnya menanyakan hal yang bikin kamu bingung, namanya juga belajar. Tapi, pastikan pertanyaanmu berbobot dan tidak mengulangi pertanyaan yang sama sampai 3 kali.
5. Be Helpful. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada bantuan anak magang yang ‘ringan tangan’ dan melakukan pekerjaannya dengan benar.

No comments:

Post a Comment